Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Saturday, March 3, 2012

Ubuntu Untuk Android


Bagi para penggemar salah satu distro Linux, Ubuntu, berbahagialah. Kini para penggemar dan pengguna Ubuntu dapat ‘mencicipi’ Ubuntu pada perangkat Android mereka.
Canonical, perusahaan yang mengembangkan distro Ubuntu, secara resmi memperkenalkan sebuah inovasi yang diberi nama “Ubuntu For Android”, pada Selasa (21/2). Inovasi ini berupa aplikasi yang dirancang khusus demi menghadirkan lingkungan dari distro Linux tersebut ke dalam smartphone berbasis Android. Pengguna cukup memasang smartphone Android ke sebuah dock yang terhubung pada monitor untuk bisa menampilkan tampilan desktop Ubuntu sepenuhnya.
Namun demikian, Ubuntu For Android hanyalah sebuah aplikasi yang lebih bersifat sebagaiadd-on. Sehingga distro Ubuntu tidak serta merta terinstal dalam smartphone Android. Meskipun begitu, karena Ubuntu dan Android sama-sama menggunakan kernel Linux, pengguna Ubuntu For Android dapat melakukan pertukaran data seperti daftar kontak, foto, dan bahkan koneksi jaringan antara kedua sistem tersebut.
Tak hanya pertukaran data, Canonical pun kini tengah mengembangkan kemampuan sinkronisasi antara kedua sistem tersebut. Dengan demikian, ketika pengguna tengah mengerjakan sebuah email di Ubuntu saat smartphone masih terhubung dengan dock, pengerjaan email tersebut dapat diteruskan melalui sistem Android dengan cara mencabut perangkat Android tersebut dari dock.
Ubuntu For Android diklaim dapat berjalan pada perangkat Android manapun sepanjang perangkat tersebut memiliki prosesor dual core, RAM 512 MB, serta tersedianya dukungan HDMI dan USB.
Founder Canonical, Mark Shuttleworth, melalui blog resmi Ubuntu menyatakan bahwa kini pengguna produk ini dapat mengakses OS Ubuntu beserta aplikasi populer yang merupakan bawaan Ubuntu For Android seperti aplikasi office, multimedia, web browsing, dan juga email. Ubuntu For Android juga mampu menggunakan kemampuan konektivitas layaknyasmartphone Android, termasuk kontektivitas 3G dan 4G. Lagi-lagi keunggulan ini disebabkan kesamaan kernel yang digunakan Android dan Ubuntu yakni Linux.
Belum ada tanggal pasti kapan aplikasi ini akan dirilis. Namun pihak Canonical melalui blog resminya mengestimasikan rilis aplikasi ini pada akhir 2012.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com