Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Sunday, March 4, 2012

Mozilla Berencana Membuat App Store Sendiri


Keberadaan Android Market dan App Store sebagai penguasa toko aplikasi nampaknya akan semakin terdesak. Setelah Microsoft secara resmi mengumumkan akan meluncurkan toko aplikasi Windows Store dalam waktu dekat, kini perusahaan produsen browser Firefox, Mozilla, menyatakan tengah mempersiapkan secara serius toko aplikasi buatan mereka yang disebut dengan Mozilla Marketplace.
Mozilla Marketplace rencananya akan dikenalkan ke publik pada Mobile World Congress (MWC) Show 2012 pada akhir Februari. Meskipun begitu, tidak serta merta toko aplikasi ini akan langsung dirilis ke publik. Mozilla merencanakan Mozilla Marketplace akan merilis secara resmi pada akhir tahun ini.
Mozilla Marketplace akan dibangun dengan teknologi Open Web, mengandalkan fondasi HTML 5 dan Application Programming Interface (API) yang dipersiapkan oleh Mozilla sendiri. Adapun jenis aplikasi yang disertakan di Mozilla Marketplace merupakan aplikasi web yang terdiri dari beragam aplikasi seperti game, media, musik, dan aplikasi lain yang mendukung produktivitas pengguna. Mozilla Marketplace pun akan bertarung secara langsung dengan Android Market dan App Store karena aplikasi-aplikasi yang tersedia pada Mozilla Marketplace juga direncanakan akan berjalan pada PC dan tablet.
Sebenarnya Mozilla sempat merilis versi beta dari Mozilla Marketplace, namun kembali ditutup karena masih memerlukan terlalu banyak pengembangan untuk mengatasi banyaknya kekurangan untuk sebuah versi beta. Mozilla Marketplace pun digadang-gadang akan menjadi bagian dari Mozilla Web Apps Platform.
Adapun aplikasi yang disediakan pada Mozilla Marketplace terdiri dari aplikasi gratis dan berbayar. Untuk mendukung kelancaran pembayaran bagi aplikasi-aplikasi berbayar, Mozilla tengah melakukan negosiasi kerjasama dengan PayPal untuk membangun sistem pembayaran yang efektif dan efisien. Todd Simpsons, Chief of Innovation Mozilla, mengungkapkan bahwa melalui hadirnya Mozilla Marketplace, Mozilla akan memberikan kesempatan bagi web developer untuk bermain di pasar yang paling besar yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Melalui toko aplikasinya tersebut, Simpsons mengatakan, Mozilla akan menumbuhkan potensi web menjadi platform untuk mengkreasikan dan mengkonsumsi konten dimanapun.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com