Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Monday, March 5, 2012

Mengintip Dominasi Android Di Ajang MWC 2012


Sistem operasi keluaran perusahaan raksasa Google, Android, berhasil mendominasi ajang perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol. Betapa tidak, begitu banyak perangkat yang dipamerkan pada ajang tahunan ini menyertakan dukungan terhadap platform Android. Fakta ini pun semakin diperkuat dengan antusiasme publik terhadap seri Android 4.0 atau yang lebih dikenal sebagai Ice Cream Sandwich yang mulai menghiasigadget-gadget mobile yang dipamerkan.
Dominasi ini tentu berimbas kepada pusat perhatian dari perhelatan ini yang menaungi kedua vendor yang memang telah dikenal sebagai penyedia perangkat berbasis Android, LG dan HTC. HTC tampil dengan mengusung HTC One X dan One S yang menyuguhkan Ice Cream Sandwich sebagai platform utama. LG pun seperti tak mau kalah dengan mengusung LG Optimus 3D 2 sebagai andalan meskipun smartphone terbaru LG tersebut masih belum menyertakan dukungan terhadap Ice Cream Sandwich.
Seakan tak mau kalah, ‘sekutu’ utama Google, Samsung, turut serta memamerkan produk terbaru mereka yang merupakan varian terbaru dari seri Galaxy Tab. Tak hanya Samsung, euforia Android pun turut dimeriahkan oleh hadirnya produk-produk baru dari vendor-vendor lain seperti Motorola dan ZTE.
Kesuksesan Android ditengarai tak lepas dari begitu banyaknya aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Android Market dengan range implementasi yang luas dari aplikasi-aplikasi tersebut. Jumlah aplikasi sekitar 450.000 aplikasi yang tersedia di Android Market seakan menunjukkan kedigdayaan Android yang terus melampaui pesaing-pesaing terdekatnya seperti iOS keluaran Apple dan Blackberry OS keluaran RIM. Tak heran jumlah pengguna perangkat berbasis Android ini pun terus mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun hingga diperkirakan telah menyentuh angka 300 juta pengguna di seluruh dunia hingga saat ini.
Meski demikian, Google diprediksi akan tetap siaga penuh demi mengamankan Android yang tengah berada di puncak euforia. Hal ini dibuktikan dengan tidak berpartisipasinya seteru utama mereka, Apple, pada perhelatan MWC tahun ini yang diprediksi tengah menyiapkan peluncuran sensasional produk terbarunya yakni iPad 3. Tak hanya itu, keberadaan Microsoft melalui Windows Phone dan Windows 8 pun tak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun perhatian yang diberikan publik terhadap rilis Windows 8 Consumer Preview  tidak sedominan produk-produk android, ajang ini bisa menjadi semacam uji dan observasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan yang didirikan Bill Gates tersebut. So, meskipun dominasi telah dikukuhkan oleh Google melalui Android-nya di ajang perhelatan ini, publik tetap memprediksi pertarungan di segmen mobile sesungguhnya baru akan dimulai. Menarik dinantikan apakah Google melalui Android dapat bertahan dari serangan-serangan selanjutnya yang diperkirakan datang dari agenda rilis Windows 8 Full Version dan iPad 3.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com