Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Sunday, March 4, 2012

Google Kembangkan Android Jelly Bean


Google tampaknya tidak terlalu puas dengan perkembangan yang ditunjukkan oleh versi terbaru dari sistem operasi keluaran perusahaan tersebut, Android Ice Cream Sandwich. Google dikabarkan telah menyiapkan versi terbaru Android untuk menyempurnakan Ice Cream Sandwich yang akan dirilis dengan nama Android 5.0 atau Android Jelly Bean.
Seperti dilansir Softpedia, fakta bahwa pencapaian Ice Cream Sandwich yang berada di bawah estimasi Google akhirnya mendorong perusahaan tersebut untuk mempercepat proses pengembangan Android Jelly Bean. Betapa tidak, di luar dugaan, banyak vendor perangkat mobile yang justru tidak menyertakan dukungan terhadap Ice Cream Sandwich.  Para vendor tersebut pun cenderung memberikan dukungan terhadap tiga versi Android terdahulu yakni Froyo, Gingerbread, dan Honeycomb. Imbasnya terasa pada aplikasi-aplikasi yang beredar di Android market. Para developer cenderung menyediakan dukungan pada kedua versi tersebut pada aplikasinya mengingat kedua versi tersebutlah yang memang merengkuh segmen pengguna terbanyak. Tak heran, Google yang telah menetapkan ekspektasi tinggi terhadap Ice Cream Sandwich mencoba mengantisipasi masalah tersebut dengan mengembangkan Jelly Bean yang disebut-sebut sebagai penyempurnaan dari Ice Cream Sandwich.
Google menargetkan akan segera merilis Jelly Bean pada kuartal kedua tahun 2012. Faktor kemunculan Windows 8 pun ternyata turut mempengaruhi keputusan dipercepatnya rencana rilis Jelly Bean tersebut. Banyak pihak menganggap Jelly Bean sekaligus merupakan counter-strategy yang disiapkan Google untuk mengantisipasi hadirnya Windows 8 yang juga ditengarai akan menjadi pesaing serius dalam pasar sistem operasi mobile.
Beberapa rumor telah beredar terkait dengan fitur-fitur yang akan disertakan pada Jelly Bean. Setidaknya ada dua fitur yang digadang-gadang akan disertakan Google pada versi terbaru dari sistem operasi mobile Android tersebut. Kedua fitur utama tersebut adalah dukungan terhadap integrasi dengan sistem Chrome serta Dual-Boot Windows 8. Apabila kedua fitur ini benar-benar terealisasi maka para pengguna Jelly Bean akan dimanjakan dengan kemudahan transisi penggunaan ke sistem operasi Windows 8 tanpa perlu mematikan perangkat.
Menarik ditunggu apakah rumor-rumor yang beredar akan segera menjadi kenyataan. Akan tetapi, muncul pertanyaan krusial yang dialamatkan pada Google. Akankah kehadiran Jelly Bean akan mampu menyelesaikan persoalan fragmentasi yang menjadi permasalahan utama yang dihadapi Android. Well, we’ll see.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com