Blog Berita Teknologi Terkini


Berita Terbaru

Saturday, March 3, 2012

Adobe Hadirkan Photoshop Touch Di iPad 2


Adobe akhirnya secara resmi meluncurkan aplikasi terbarunya, Photoshop Touch untuk perangkat iPad, pada perhelatan akbar Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol. Aplikasi ini pun sebelumnya telah diluncurkan Adobe pada perangkat berbasis android. Photoshop Touch yang dihadirkan pada perangkat iPad 2 umumnya memiliki fitur yang sama dengan aplikasi yang berjalan pada komputer dan notebook meskipun tentunya dengan penyesuain di berbagai aspek agar dapat dijalankan secara optimal pada perangkat tablet keluaran Apple tersebut.
Seperti dilansir The Next Web, Senin (27/2), aplikasi ini dilengkapi dengan sederet fitur yang mengoptimalkan spesifikasi teknis dari iPad 2 seperti layar sentuh, sensor, dan bahkan kamera pada iPad 2. Fitur-fitur utama pengolah gambar juga telah disediakan selayaknya aplikasi serupa pada komputer dan notebook. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada hal baru yang ditawarkan Photoshop Touch.
FItur yang menjadi andalan aplikasi ini adalah fitur Scribble Selection Tool, yang memudahkan pengguna untuk melakukan seleksi pada beberapa bagian dari foto lalu memisahkannya untuk dijadikan gambar tersendiri. Tak hanya itu, fitur Camera Fill Effectyang juga disertakan memungkinkan pengguna untuk menggunakan senter secara efektif demi mendapatkan penerangan optimal pada sebuah adegan. Belum lagi dengan hadirnya sejumlah fitur seperti Gaussian Blur Filter yang bertujuan untuk mereduksi tingkat noisegambar seminimal mungkin sehingga didapatkan kualitas gambar yang mumpuni. Hebatnya lagi, aplikasi ini pun telah terintegrasi dengan mesin pencari gambar Google Image Search serta media jejaring sosial seperti Facebook. Dengan demikian, pengguna dapat mencari gambar yang akan diedit lalu membagikannya melalui akun media sosial milik pengguna tersebut hanya dengan beberapa sentuhan.
Meksipun begitu, aplikasi Photoshop Touch ini bukan merupakan versi tablet dari aplikasi Adobe Photoshop sehingga terdapat beberapa fitur pada Photoshop yang tidak disertakan pada Photoshop Touch. Hal ini dilakukan demi mencapai kustomisasi penggunaan yang relevan dan optimal sesuai dengan kinerja dan kebutuhan pengolahan gambar pada perangkat tablet seperti iPad 2. Ini diamini oleh David Wadhwani, Senior Vice President Digital Media Business Adobe yang menyatakan Photoshop Touch mengekstrak fitur inti yang terdapat pada Photoshop dan mentransformasikannya menjadi kualitas pengolahan gambar yang ciamik dan kenyamanan pemakaiannya pada perangkat tablet.
Photoshop Touch kini bisa didapatkan melalui iTunes App Store dengan hanya merogoh kocek sebesar 9,99 Dollar AS atau sekitar Rp 90.000. Sebagai informasi tambahan, untuk sementara aplikasi ini hanya dapat berjalan pada perangkat iPad yang menggunakan sistem operasi iOS 5. Dengan kata lain, lingkup pemakaiannya masih terbatas pada perangkat iPad 2 meskipun tidak menutup kemungkinan pengembangan lebih lanjut pada varian perangkatmobile keluaran Apple lainnya.

Unik

Desain Blog Oleh VungTauZ.Com